IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMUM

Umy Efinarni Madina, Chalid Sahuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan,menganalisis dan meneliti faktor yang mempengaruhi implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM)bidang layanan akademis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pasca Badan Layanan Umum (BLU)Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pemilihan informan dilakukan denganteknik purposive sampling. Fokus penelitian diarahkan pada analisis implementasi dan sejauh manafaktor-faktor yang mempengaruhi implementasi SPM bidang layanan administrasi pasca BLUUniversitas Riau. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumentasi, wawancara dan observasi.Kesemua data yang diperoleh akan dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif, memusatkan perhatiansecara intensif terhadap suatu objek tertentu dengan mempelajarinya secara kasus. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang layananakademis kurang terimplementasi dengan baik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pasca BadanLayanan Umum (BLU) Universitas Riau dikarenakan Akreditasi Jurusan/Prodi di lingkungan FISIPmasih rata-rata B, timpangnya rasio dosen dengan mahasiswa, minimnya sarana perkuliahan, kurangtermaintenancenya prasarana yang tersedia, tidak ada SOP dalam layanan administrasi, tidak jalannyateam monev Fakultas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan diantaranya ketersediaan sarana,ketersediaan tenaga yang berkompeten, ketersediaan pedoman dan prosedur layanan, penyusunandaya tampung mahasiswa, ketersediaan layanan perencanaan studi mahasiswa, ketersediaan layananperkuliahan dan monitoring pelaksanaan perkuliahan.

Kata Kunci: rencana strategis, strategi bisnis, analisis SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.